Bersama
Jakarta
Maju

Prabowo Gibran

Wagub DKI soal GOR Jadi Tempat Isolasi: Wisma Atlet dan Hotel yang Utama

JAKARTA – Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menanggapi permintaan Ketua Satgas penanganan COVID-19 Doni Monardo yang meminta agar GOR tidak dijadikan lokasi isolasi pasien virus corona.

Doni Monardo menilai, kualitas dan fasilitas di GOR sebagai lokasi isolasi pasien COVID-19 tidak cukup memadai. Sehingga sebaiknya pasien positif corona di Jakarta diisolasi di hotel yang akan disiapkan pemerintah pusat.

Tekait hal itu, Riza Patria mengatakan rencana menjadikan GOR sebagai lokasi isolasi pasien positif corona sudah ada sejak lama. Meski begitu, ia mengatakan sudah ada lokasi yang menjadi prioritas utama sebagai lokasi isolasi pasien corona.

“Jadi gini, ini memang usulan yang lama dulu, ini dulu memang ada usulan ini (di GOR) tapi sekarang sekalipun diregulasi dimungkinkan, ada pilihan-pilihan tentu dalam mengisi tempat ini kita ada skala prioritas,” kata Riza Patria kepada wartawan, Selasa (15/9).

“Pertama gunakan di Kemayoran, Tower di Kemayoran kedua dari pemerintah pusat siapkan hotel sudah itu dulu. Nanti kalau dianggap masih kurang, kita harus upayakan tempat lain di antaranya bisa GOR bisa badiklat dan lain-lain,” tambah Riza.

Selain itu, Riza mengatakan dalam regulasi juga memang dimungkinkan GOR dijadikan tempat isolasi pasien corona. Namun ia mengatakan ada Wisma Atlet Kemayoran dan hotel yang menjadi prioritas utama lokasi isolasi pasien corona.

“Kita nanti ada tahapan umpamanya memanfaatkan fasilitas di Wisma Atlet yang tersisa yang ada, pilihan kedua sedang disiapkan di hotel tempat penginapan lain. Baru nanti kalu itu sudah penuh umpamanya kita harus mencari tempat lain di antaranya yaitu bisa Badiklat, GOR dan lain-lain tentu ini melaui tahapan,” ucap Riza.

Terlepas dari itu, Riza menyampaikan apresiasi kepada pemeritah pusat yang sudah banyak membantu Pemprov DKI dalam penanganan COVID-19. Salah satunya dengan menyiapkan 1.500 kamar di hotel bintang 1 dan 2 sebagai lokasi isolasi.

“Kami berterima kasih kepada pemerintah pusat yang sudah menyiapkan tempat lain yaitu hotel rencananya bintang 1 bintang 2 gitu ya saat ini sedang diinfentarisir, informasinya yang kami terima Kemenkes sudah sampaikan 1.500 kamar yang sedang disiapkan,” kata dia.

“Nanti teknisnya dan lain-lain sedang disusun oleh pemerintah pusat melalui Kemenkes, Kementerian BUMN, Satgas Pusat Pak Doni dan lain-lain. Kami berterima kasih atas bantuan dan dukungan pemerintah pusat,” tutur Riza.

Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengharuskan warga positif corona untuk melakukan isolasi di fasilitas milik pemerintah. Alasannya untuk menutup potensi warga yang tak mematuhi aturan isolasi di rumah.

Tempat isolasi yang disediakan Pemprov ini di antaranya GOR, sasana krida, hingga sekolah. Bahkan di sejumlah GOR, tenda-tenda sudah berdiri untuk menjadi kamar pasien isolasi. Misalnya, di Gedung Balai Latihan Kesenian Tanah Abang.

Sumber: kumparan[dot]com

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *