Bersama
Jakarta
Maju

Prabowo Gibran

Rencana Vaksinasi Covid-19, Wagub DKI: Prioritas Nakes, Pejabat Belakang

Jakarta – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan masih menunggu keputusan pemerintah pusat terkait vaksinasi Covid-19 bagi warga Ibu Kota.

“Nanti dari pemerintah pusat kami sifatnya menunggu terkait kewenangan pusat,” kata Riza di Balai Kota DKI, Selasa, 20 Oktober 2020. Pemprov DKI menyerahkan sepenuhnya kepada Satgas Pusat.

Pemberian vaksin Covid-19, kata Riza, dilakukan secara bertahap dan melihat skala prioritas. Adapun vaksin bakal diutamakan bagi tenaga kesehatan yang menanggulangi langsung pasien Covid-19. “Yang utama nakes,” ujarnya. “Pejabat belakang.”

Vaksinasi adalah suatu proses untuk memasukkan vaksin ke dalam tubuh bisa dengan cara disuntikkan atau diteteskan. Setelah masuk ke dalam tubuh, maka tubuh akan bereaksi membentuk sistem kekebalan atau imun dengan menghasilkan antibodi, sehingga akhirnya bisa melawan virus penyebab Covid-19 kalau sampai suatu saat tertular.

Vaksin adalah suatu produk biologi yang biasanya berasal dari suatu agen penyakit atau penyebab penyakit seperti virus atau bakteri. Dalam konteks Covid-19, vaksinnya adalah produk biologi yang berasal dari virus SARS-COV-2. penyebab penyakit itu.

Dengan pemberian vaksin tersebut, diharapkan tubuh manusia mampu menciptakan suatu kekebalan tubuh untuk melawan Covid-19. “Vaksin adalah produk biologi konteks dalam rangka untuk memunculkan antibodi di dalam tubuh terhadap virus penyebab Covid-19, dan antibodi itu sebenarnya adalah imun untuk melindungi tubuhnya dari penyakit itu sendiri,” tuturnya.

Presiden Joko Widodo pada 5 Oktober 2020 telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) No 99 tahun 2020 tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Pemerintah telah menetapkan bahwa sasaran penerima vaksin Covid-19 nantinya sebanyak 160 juta orang dengan vaksin yang harus disediakan adalah 320 juta dosis vaksin.

Sumber:

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *