Bersama
Jakarta
Maju

Prabowo Gibran

Ini Lokasi Tambahan Makam Baru Jenazah COVID-19 di DKI Jakarta

Jakarta – Pemprov DKI Jakarta kembali menambah lahan pemakaman jenazah pasien COVID-19 di sejumlah wilayah. Penambahan ini dilakukan setelah beberapa TPU dilaporkan penuh.

“Pemprov sudah menambah luasan daripada pemakaman di beberapa tempat seperti Srengseng, Bambu Wulung, Semper, Joglo, dan pemakaman umum lainnya. Di beberapa titik tersebut disiapkan tempat pemakaman untuk COVID termasuk di Rorotan. Sekalipun di (TPU) Srengseng sudah penuh, itu sudah disiapkan tempat lain, termasuk di Rorotan,” kata Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta, Jl. Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (22/1/2021).

Riza menuturkan bahwa pemerintah selalu mengupayakan ketersediaan lahan pemakaman maupun fasilitas penunjang penanganan COVID-19. Untuk itu, ia meminta warga DKI Jakarta tak perlu khawatir lahan pemakaman COVID-19 semakin menipis.

“Sekali lagi, warga Jakarta tidak perlu khawatir. memang semuanya ada peningkatan yang luar biasa. Tidak hanya pemakaman, tapi juga okupansi rumah sakit, tempat tidur, juga ruang ICU. Tapi kami terus mengendalikan, mengupayakan berbagai dukungan fasilitas sebaik mungkin, termasuk pemakaman,” jelasnya.

Selain itu, politikus Partai Gerindra ini meyakini permasalahan pengadaan lahan pemakaman pasti juga ditemukan di ibu kota negara lain. Sebelum memutuskan lokasi baru, Pemprov DKI telah mempertimbangkan berbagai aspek.

“Nggak ada kendala, masalah makam memang secara umum nggak cuma di Jakarta, di dunia pasti menghadapi masalah tanah. Tanah untuk gedung, jalan, waduk, RTH, taman. Kan itu kompleksitas masalah ibu kota di seluruh dunia, termasuk tanah untuk pemakaman. Namun demikian, kami sudah mengatur batasannya, wilayahnya, luasnya, yang pada prinsipnya pasti semua akan kita layani dan disiapkan tanahnya,” tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuka lahan baru untuk jenazah pasien COVID-19 di tempat pemakaman umum (TPU) Bambu Apus, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Luasnya 3.000 meter persegi.

“Hari ini baru dimulai (pembukaan lahan baru). Jadi untuk sementara jenazah yang dimakamkan di TPU Pondok Ranggon dialihkan ke TPU Bambu Apus,” kata Penanggung Jawab Pelaksana Pemakaman COVID-19 di TPU Pondok Ranggon Muhaemin seperti dilansir Antara, Jumat (22/1/2021).

Muhaemin mengatakan lahan baru tersebut telah ditetapkan Pemprov DKI sebagai tempat pemakaman dengan prosedur COVID-19 karena lahan di TPU Pondok Ranggon telah penuh sejak akhir 2020.

Pada Kamis (21/1/2021), TPU Srengseng Sawah di Jagakarsa, Jakarta Selatan, yang dipakai untuk pemakaman pasien COVID-19 hampir penuh. Pemerintah daerah mempersiapkan lahan pemakaman tambahan di wilayah Jaksel.

“Ya untuk TPU Srengseng Sawah (sudah penuh) besuk Jumat kita akan mulai siapkan yg di Jl. Srengseng sawah Raya,” kata Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jaksel, Winarto saat dihubungi, Kamis (21/1/2021).

Sumber: Detik[dom]

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *