Bersama
Jakarta
Maju

Prabowo Gibran

Ariza Resmikan SAMSAT Terpadu Pusat Grosir Cililitan (PGC) Kramat Jati dan Mall Metro Kebayoran

Jakarta – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menambah Sarana Pelayanan Publik Terpadu atau Gerai SAMSAT Terpadu di pusat perbelanjaan atau mall. Gerai terbaru berlokasi di Pusat Grosir Cililitan (PGC), Kramat Jati, Jakarta Timur dan Mall Metro Kebayoran, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Peresmiannya dilaksanakan  pada Sabtu (18/12).

Hal itu merupakan bentuk upaya Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas PM PTSP Provinsi DKI Jakarta, Bapenda Provinsi DKI Jakarta, dan Dinas Dukcapil Provinsi DKI Jakarta dalam meningkatkan pelayanan kepada warga, di antaranya pelayanan pajak kendaraan bermotor, perpanjangan SIM C dan SIM A, serta kependudukan dan catatan sipil.

Sarana Pelayanan Publik Terpadu/Gerai SAMSAT di PGC ini diresmikan secara simbolis oleh Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ariza Patria, di Gedung PGC, Lantai 2, Jl Dewi Sartika, Jakarta Timur. Pada kesempatan itu, dia ikut menyampaikan doa dan harapan dalam rangka tasyakuran milad PGC.

Ariza berharap kehadiran Pelayanan Publik Terpadu di PGC membuat warga Jakarta semakin mudah dalam mengakses pelayanan publik, utamanya warga Jakarta Timur. “Selamat milad PGC, semoga terus berkontribusi dalam perputaran roda perekonomian Jakarta dan mendukung pengendalian COVID-19 dengan disiplin menerapkan prosedur operasional pusat perbelanjaan di masa pandemi,” ujarnya, dikutip dari Siaran Pers PPID Provinsi DKI Jakarta.

“Saat ini, terdapat 11 gerai di mall/pusat perbelanjaan di Jakarta. Penyediaan Sarana Pelayanan Publik Terpadu, perizinan dan non-perizinan (PTSP) dan pelayanan Dukcapil ini dalam rangka mendekatkan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, serta memperpendek proses pelayanan guna mewujudkan pelayanan yang mudah dijangkau dan transparan,” lanjutnya.

Dia mengatakan, Pemprov DKI Jakarta selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat, dengan sistem jemput bola ke pusat-pusat pertemuan orang, salah satunya mall/pusat perbelanjaan.

“Saya sangat berharap Pelayanan Publik Terpadu ini juga harus segera bergerak meningkatkan diri ke ranah online via aplikasi misalnya. Jadi, pelayanan (bisa) dilakukan secara online, cukup masuk ke aplikasi; pelayanan yang offline tetap ada, yang online juga tetap ada,” sambungnya.

Ariza mengimbau warga Jakarta untuk memanfaatkan fasilitas insentif pajak daerah akhir tahun 2021, sebelum habis waktu. Warga Jakarta yang membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di Gerai SAMSAT dapat memanfaatkan Insentif Pajak Daerah Akhir Tahun 2021 sesuai dengan kebijakan Peraturan Gubernur Nomor 104 Tahun 2021.

Adapun kebijakan insentif untuk PKB, yaitu:

a. Bagi wajib pajak yang membayar pokok PKB untuk tahun pajak sebelum 2021 pada periode 14-31 Desember 2021 mendapatkan keringanan pokok sebesar 5%.

b. Pokok PKB tahun 2021 diberikan keringanan sebesar 5% bagi wajib pajak yang membayar pada periode 14-31 Desember 2021.

c. Dihapuskan sanksi administrasi terlambat bayar untuk tahun 2021 dan sebelum tahun 2021.

Perlu diketahui, bersamaan dengan kegiatan peresmian tersebut, dilakukan juga penandatanganan kerja sama terbaru pelayanan Sarana Pelayanan Publik Terpadu/Gerai SAMSAT yang sudah berjalan dengan 8 (delapan) pengelola mall lainnya.

Sehingga, saat ini warga Jakarta bisa membayar PKB tahunannya di 11 (sebelas) mall/pusat perbelanjaan ternama di wilayah Jakarta, yaitu:

1. Pusat Grosir Cililitan

2. Mall Metro Kebayoran

3. AEON Mall Jakarta Garden City

4. Grand Cakung

5. Tamini Square

6. Blok M Square

7. Gandaria City

8. Mall Taman Palem

9. Lippo Mall Puri

10. Pluit Village

11. Pasar Pagi Mangga Dua

Jam operasional Sarana Pelayanan Publik Terpadu/Gerai SAMSAT di mall/pusat perbelanjaan ini melayani masyarakat pada hari Senin–Jumat pukul 10.00-14.00 WIB. Kegiatan peresmian Sarana Pelayanan Publik Terpadu/Gerai SAMSAT PGC turut dihadiri Kepala Bapenda Provinsi DKI Jakarta, Lusiana Herawati; Para Pejabat Pemprov DKI Jakarta; jajaran Dirlantas Polda Metro Jaya; PT. Jasa Raharja; PT. Bank DKI; Badan Pertanahan Nasional Wilayah Provinsi DKI Jakarta; serta PT. Wahana Cipta Sejahtera. (arizapatria.id)

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *